#Festival

Buleleng Festival


© Kemenpar
06-10 Agustus 2020
09:00 - 23:00
Areal Tugu Singa Ambara Raja
Jl. Ngurah Rai, Paket Agung, Kecamatan Buleleng
Kabupaten Buleleng
Bali
Lihat Peta
Gratis
Dinas Pariwisata Kota
628785207605

Buleleng Festival adalah gelaran di area Pantai Utara Bali yang biasanya identik sebagai destinasi wisata untuk rileksasi. Gelaran festival selama sepekan ini biasanya akan menampilkan ragam kesenian tradisional Bali. Mulai dari kesenian tradisional seperti pertunjukan kolaborasi Bondres dan Genjek, Balet Ramayana, Gong Kebyar, dan Tari Jengger Menyali.

Selain itu, Buleleng Festival juga biasanya akan menampilkan talenta-talenta baru Bali. Tahun lalu misalnya, ada unit pop Nosstress yang turut tampil. Buleleng Festival memang menjadi salah satu wadah bercampur baurnya kelompok seni dan budaya di Bali. Pada 2019 ada sekitar 52 grup budaya dari berbagai kabupaten serta seluruh Bali Utara yang ikut serta di festival ini.

Festival Kebudayaan ini biasanya dibuka dengan parade seni Baleganjur yang menampilkan sekitar 500 pemain perkusi tradisional dari Buleleng. Parade biasanya akan berlangsung di sepanjang jalan Ngurah Rai hingga ke panggung utama di Areal Tugu Singa Ambara Raja.

Bukan festival kebudayaan namanya jika tak dilengkapi bazar, kuliner, atraksi seni dan budaya, macam-macam lomba. Bicara tentang kuliner, jangan sampai terlewat mencoba berbagai kuliner khas Buleleng seperti Blayag Buleleng yang sekilas nampak seperti Gado-gado, tetapi menggunakan bumbu kuning alih-alih bumbu kacang. Ada juga Jukut Undis atau sayur kacang hitam, Sudang Lepet alias ikan asin yang disajikan dengan nasi campur atau nasi urap. Kemudian, ada Siobak Khe Lok yang merupakan hasil adaptasi makanan siobak orang Tionghoa. Isinya antara lain irisan daging babi, lemak babi goreng, jeroan babi, usus, dan kerupuk kulit babi (rambak). Bumbunya merupakan campuran ngo hiang dan tauco yang dimasak dengan tepung hingga kental.

Selagi di Bali Utara, sempatkan pula mengunjungi titik-titik wisata ikonis di area ini. Pantai Lovina dan Pulau Menjangan adalah dua di antaranya. Adapun destinasi wisata lain yang bisa Anda kunjungi di Bali Utara ialah Pantai Penimbangan yang terletak di daerah Kota Singaraja, tepatnya di Desa Parianom. Atau kunjungi situs sumber wisata pemandian air panas Air Sanih di Timur kota Singaraja.


Disclaimer: Perubahan tanggal, pembatalan acara dapat terjadi dan bukan tanggung jawab dari Spektakel.id

Mari bergabung bersama kami, kirimkan data kegiatan di sekitarmu, berkontribusi memajukan seni budaya Indonesia.

Login / Daftar

Acara terbaru

Lihat semua acara
Festival

Festival Kerinci

03/10/2020 | KABUPATEN KERINCI
Musik

Synchronize Fest

02/10/2020 | KABUPATEN KEPULAUAN SERIBU
Festival

Festival Teluk Humboldt

05/08/2020 | KOTA JAYAPURA
Festival

Dieng Culture Festival

07/08/2020 | KABUPATEN BANJARNEGARA
Festival

Polewali Mandar International Folk & Art Festival

01/08/2020 | KABUPATEN POLEWALI MANDAR
Festival

Festival Likurai Timor

01/10/2020 | KABUPATEN BELU
Budaya

Festival Danau Ranau XXIII

03/07/2020 | KABUPATEN OGAN KOMERING ULU