#Festival

Dieng Culture Festival


© Dieng Backpacker
07-09 Agustus 2020
09:00 - 23:00
Candi Arjuna - Dieng Plateau
Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456
Kabupaten Banjarnegara
Jawa Tengah
Lihat Peta
Gratis & Berbayar
Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah
disporapar@jatengprov.go.id
6281226604788

Dieng Culture Festival merupakan acara tahunan khas dataran tinggi Dieng yang menampilkan berbagai kesenian dan budaya. Terdapat berbagai mata acara dalam festival ini. Mulai daru Senandung Negeri di Atas Awan, Jazza Atas Awan, Java Coffee Festival, Aksi Dieng Bersih, Sarasehan Budaya, Festival Artistik, dan pagelaran kesenian tradisional dataran tinggi Dieng.

Puncaknya, Dieng Culture Festival ditutup dengan ritual adat pencukuran rambut gimbal di komplek Candi Arjuna. Sejak diselenggarakan pertama kali pada 2010, acara yang mulanya dikenal dengan Pekan Budaya Dieng ini telah menarik minat banyak pengunjung. Terutama dengan ritual pemotongan rambut gimbal anak-anak Dieng yang konon merupakan keturunan Kyai Kolo Dete.

Kini tak perlu repot untuk mengunjungi Dieng Culture Festival. Ada berbagai penawaran paket tur yang siap menyediakan akomodasi selama kunjungan ke gelaran budaya terbesar di Dieng itu. Untuk ini, penyelenggara Dieng Culture Festival telah bekerja sama dengan platform layanan wisata Traveloka sekaligus menggaet rekanan agen tur lokal. Biasanya, penyelenggara akan mengumumkan daftar agen tur resmi rekanan mereka melalui unggahan Instagram (@festivaldieng).

Namun, bukan berarti tak mungkin datang ke festival ini secara mandiri. Ada beberapa pilihan rute menuju Dieng. Pertama adalah rute dari Yogyakarta dan Semarang yang akan bermuara di Secang, Magelang dan terus melewati Simpang Pasar Kretek, Wonosobo. Kedua ialah rute dari Purwokerto melalui Banjarnegara. Meskipun memang jalur yang ditempuh lebih ekstrem.

Sesampainya di sana, ada beberapa pilihan akomodasi. Mulai dari guest house, hotel, atau pun homestay. Jika pilihan tersebut dirasa masih di luar budget. Tenang, panitia juga menyediakan camping ground seharga Rp300.000-Rp350.000 untuk tiga hari.


Disclaimer: Perubahan tanggal, pembatalan acara dapat terjadi dan bukan tanggung jawab dari Spektakel.id

Mari bergabung bersama kami, kirimkan data kegiatan di sekitarmu, berkontribusi memajukan seni budaya Indonesia.

Login / Daftar

Acara terbaru

Lihat semua acara
Karnaval

Gorontalo Karnaval Karawo

02/10/2020 | KABUPATEN BOALEMO
Festival

Festival Tanjung Puting

05/10/2020 | KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT
Budaya

Tanah Lot Arts Festival

20/07/2020 | KABUPATEN TABANAN
Festival

Buleleng Festival

06/08/2020 | KABUPATEN BULELENG
Festival

Festival Babukung

11/10/2020 | KABUPATEN LAMANDAU
Budaya

Festival Biak Munara Wampasi

01/07/2020 | KABUPATEN BIAK NUMFOR
Alam

Festival Bekudo Bono

10/11/2020 | KABUPATEN PELALAWAN