#Budaya #Festival #Festival Budaya #Papua

Festival Biak Munara Wampasi


© Indonesia Travel News
01-06 Juli 2020
06:00 - 22:00
Lapangan Cenderawasih
Jl. Sisingamangaraja, Mandala, Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Papua 98111
Kabupaten Biak Numfor
Papua
Gratis
Pemerintah Daerah Provinsi Papua
info@papua.go.id
0967 537523

Papua menyimpan ragam destinasi wisata yang belum banyak orang ketahui, salah satunya keindahan alam milik daerah Biak Numfor. Di pulau itu, tiap tahunnya pemerintah daerah melangsungkan Festival Biak Munara Wampasi (FBMW). Acara yang sudah diselenggarakan sejak 2014 ini memiliki belasan mata acara yang kental akan budaya Biak. Saudara yang budiman dapat memilih mana acara yang sesuai dengan preferensinya.

Salah satu acara yang memiliki makna dan daya tarik adalah parade Wor dan Yosim Pancar (Yospan). Wor adalah upacara adat budaya Biak mengenai siklus hidup manusia berisi tarian dan nyanyian. Sementara Yospan ialah tarian yang melambangkan semangat para muda-mudi Biak dalam menjalani dan menatap masa depan hidup mereka. Rute parade Wor dan Yospan memiliki panjang sekitar tiga kilometer dan diharapkan menjadi pesan pembawa perdamaian dan persaudaraan. 

Selain penampilan Wor dan Yospan, pengunjung pun bisa melakukan snorkeling untuk mengamati biota laut dan terumbu karang mengingat Biak adalah salah satu destinasi wisata bahari terbaik. Bahkan panitia FBMW turut mengadakan lomba foto bawah laut bagi wisatawan yang tertarik  untuk berpartisipasi. Selain lomba foto bawah laut, FBMW juga masih mengadakan agenda yang berhubungan dengan wisata maritim seperti lomba memancing dan diving di Samudera Pasifik.

Acara yang diadakan dalam beberapa hari ini juga masih punya beragam jadwal menarik lain seperti konser musik akustik dan tradisional, parade Wairon, pameran anggrek, tur Kepulauan Aimando Padaido, dan gerak jalan bahasa Biak. Bila dirasa masih kurang, beberapa lokasi wisata unggulan lain seperti Telaga Samares, Pantai Batu Picah, dan Gua Jepang dapat menjadi destinasi alternatif bagi para wisatawan.

 

Disclaimer: Perubahan tanggal, pembatalan acara dapat terjadi dan bukan tanggung jawab dari Spektakel.id

Mari bergabung bersama kami, kirimkan data kegiatan di sekitarmu, berkontribusi memajukan seni budaya Indonesia.

Login / Daftar

Acara terbaru

Lihat semua acara
Festival

Festival Gandrung Sewu

12/10/2020 | KABUPATEN BANYUWANGI
Festival

Festival Tanjung Puting

05/10/2020 | KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT
Karnaval

Gorontalo Karnaval Karawo

02/10/2020 | KABUPATEN BOALEMO
Festival

Festival Seni Budaya Papua Barat

07/10/2020 | KABUPATEN RAJA AMPAT
Tradisi

Grand Final Karapan Sapi

06/10/2020 | KABUPATEN BANGKALAN
Alam

Festival Bekudo Bono

10/11/2020 | KABUPATEN PELALAWAN
Festival

Festival Kerinci

03/10/2020 | KABUPATEN KERINCI