© South Sumatra Tourism
03 Juli 2020 - 07 April 2020
08:30 - 21:00
Kawasan Wisata Danau Ranau
Kec. Banding Agung, Kab. Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan
Kabupaten Ogan Komering Ulu
Sumatera Selatan
Lihat Peta
Gratis
Pemerintah Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan

Wisata telaga di kawasan Sumatera itu tidak melulu Danau Toba pilihannya. Sudah pernah dengar Danau Ranau? Danau yang berada di perbatasan Sumatera Selatan dan Lampung ini tidak kalah cantik, lho. Daya tariknya bahkan membuat pemerintah daerah setempat membuat acara bernama Festival Danau Ranau (FDR) yang digelar tiap tahunnya sejak 1993. Lalu apa keistimewaan yang dimiliki acara ini sehingga dapat bertahan sekian lama?

FDR adalah acara yang selalu mempersiapkan segalanya dengan matang, terutama dari mereka yang berpartisipasi. Berbagai peserta yang tersebar dari 17 kabupaten di Sumatera Selatan saling mempertunjukan adat dan budaya khas daerah masing-masing. Ada partisipan yang menampilkan pertunjukan tambur, bela diri, capil tani, dan masih banyak lagi. Maka di sini saudara akan diajak melihat dari dekat berbagai ragam budaya khas Sumatera Selatan dan tentunya keindahan alam Danau Ranau.

Selain penampilan budayanya, FDR masih memiliki kegiatan lain yang tidak kalah menarik. Tiap tahunnya FDR selalu mengadakan karnaval budaya, pameran ekonomi kreatif khas wilayah setempat, pagelaran sastra, hingga fashion show pakaian adat anak-anak. Ada pula aneka lomba yang dapat diikuti seperti kontes tari tradisional, menghias kampung, kompetisi burung berkicau, sampai tanding perahu cadik di danau kedua terbesar di Pulau Sumatera tersebut.

Selagi berkunjung ke Festival Danau Ranau, jangan lewatkan kesempatan menjelajah daerah pesisir danau. Ada beberapa titik yang tersohor dan bisa Anda datangi, seperti Pantai Bidadari dan Pantai Pelangi. Kemudian ada pula pemandian air panas yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Untuk sampai ke lokasi, Anda bisa menempuh perjalanan darat dari Palembang ataupun Banyuasin menggunakan bus dengan lama tempuh 45 menit hingga 1,5 jam. 

 

Disclaimer: Perubahan tanggal, pembatalan acara dapat terjadi dan bukan tanggung jawab dari Spektakel.id

Mari bergabung bersama kami, kirimkan data kegiatan di sekitarmu, berkontribusi memajukan seni budaya Indonesia.

Login / Daftar

Acara terbaru

Lihat semua acara
Olahraga

Borobudur Marathon

15/11/2020 | KOTA MAGELANG
Fashion

Jember Fashion Carnaval (JFC)

06/08/2020 | KABUPATEN JEMBER
Festival

Pemuteran Bay Festival

03/10/2020 | KABUPATEN BULELENG
Fashion

Jakarta Fashion Week 2021

22/10/2020 | KOTA JAKARTA PUSAT
Musik

Samosir Music International 2020

07/08/2020 | KABUPATEN TAPANULI UTARA
Budaya

Festival Sungai Mahakam

01/11/2020 | KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Budaya

Yadnya Kasada Bromo

06/07/2020 | KOTA PROBOLINGGO