#Festival

Festival Keraton Kesultanan Buton


© Genpi.com
12-17 Oktober 2020
08:00 - 17:00
Baruga Keraton
Melai, Murhum
Kota Baubau
Sulawesi Tenggara
Lihat Peta
Gratis
Pemerintah Daerah Kota Bau Bau
6281341915242

Seekor kambing disembelih, darah yang mengucur dari leher dialirkan ke dalam sebilah batang bambu. Bambu tersebut diletakkan di atas wadah bersama buah kelapa muda dan sesaji yang berisi berbagai macam kue kering khas Buton. Sepaket sesaji itu lantas dibawa menggunakan perahu dan diletakkan di laut pada empat titik penjuru angin.

Itulah wujud rasa terima kasih masyarakat Buton atas hasil laut dalam tahun ini. Dalam sesaji itu pula terselip doa, memohon keselamatan kala melaut, serta harapan rezeki dan hasil panen yang melimpah tahun depan. Masyarakat Bau Bau menyebut ritual ini sebagai Tuturangiana Andala.

Hasil bumi yang didapat juga harus disyukuri dan diberikan perhatian khusus, atau dikenal dengan istilah ruwat bumi. Ritual ini diberi nama Poagona Lipu. Doa-doa dilamatkan beriring tarian, sembari berbagai macam sesaji berisi pagi, jagung, ubi jalan, dan kelapa diberikan khusus kepada dewa-dewi penjaga bumi Bau Bau.

Ritual itu hanyalah satu dari sekian banyak tradisi Bau Bau. Di antaranya tradisi berziarah ke makam para Sultan Buton. Ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan atas jasa para sultan dan petinggi Kerajaan Buton. Selain itu, ada pula tradisi menyambut kepulangan para pahlawan Kesultanan Buton setelah menang perang.

Bentuk kebudayaan Buton lain yang patut ditelisik di Bau Bau ialah motif-motif tenunnya. Secara adat, lelaki dan perempuan tidak boleh mengenakan motif tenun yang sama. Motif satu garis horizontal pada sarung untuk para lelaki. Sementara kain tenun dengan motif kotak-kotak diperuntukkan bagi para perempuan.

Untuk menuju Bau Bau, dibutuhkan perjalanan sekira satu jam dari Bandara Betoambari di Pulau Buton. Setibanya di sana, pengunjung bisa memilih berbagai pilihan akomodasi berupa hotel untuk menginap selama di sana.


Disclaimer: Perubahan tanggal, pembatalan acara dapat terjadi dan bukan tanggung jawab dari Spektakel.id

Mari bergabung bersama kami, kirimkan data kegiatan di sekitarmu, berkontribusi memajukan seni budaya Indonesia.

Login / Daftar

Acara terbaru

Lihat semua acara
Festival

Festival Seni Budaya Papua Barat

07/10/2020 | KABUPATEN RAJA AMPAT
Budaya

Festival Biak Munara Wampasi

01/07/2020 | KABUPATEN BIAK NUMFOR
Budaya

Festival Danau Ranau XXIII

03/07/2020 | KABUPATEN OGAN KOMERING ULU
Budaya

Tanah Lot Arts Festival

20/07/2020 | KABUPATEN TABANAN
Tradisi

Grand Final Karapan Sapi

06/10/2020 | KABUPATEN BANGKALAN
Festival

Festival Keraton Kesultanan Buton

12/10/2020 | KOTA BAUBAU
Festival

Festival Gandrung Sewu

12/10/2020 | KABUPATEN BANYUWANGI