#Festival #Pertunjukan #Tari

Festival Likurai Timor


© Festival-indonesia.id
01-06 Oktober 2020
Bukit Fulan Fehan
Jl. Loro Lamaknen, Manuaman, Atambua Selatan
Kabupaten Belu
Nusa Tenggara Timur
Lihat Peta
Gratis
Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusa Tenggara Timur
dinparekrafntt@gmail.com
0380826384

Alunan kendang dari para puan terdengar seirama. Diselingi teriakan para jejaka, menunjukkan kejantanannya. Terik matahari tak terasa menyengat. Di puncak Bukit Fulan Fehan, ribuan masyarakat Kabupaten Belu, Kabupaten Malaka, serta sebagian masyarakat dari negara tetangga, Timor Leste, lebur menjadi satu, mempertunjukkan tari Likurai, di hadapan ribuan pasang mata.

Gunung Lakaan yang megah, batuan karang, serta kaktus liar menjadi latarnya, membuat pertunjukan kian memukau. Rumput halus di bukit Fulan Fehan, dipenuhi ternak kuda, kerbau, dan kambing yang berkeliaran menambah nuansa alam yang kuat dari bukit yang berbatasan langsung dengan Timor Leste tersebut. 

Tari Likurai pada mulanya digelar untuk menyambut para pahlawan Belu selepas pulang dan menang perang. Tari tradisi itu tetap dirawat hingga saat ini. Para jejaka menari menggunakan pedang, meniru gerakan berperang. Sementara para perempuan mengiringi gerakan penari jejaka dengan tabuhan kendang. Kini ttari Likurai diselenggarakan untuk menyambut tamu, penyelenggaraan pesta adat, serta untuk pertunjukan seni dan budaya.

Festival tari Likurai biasanya digelar pada bulan Oktober dan melibatkan sekitar seribuan penari Likurai. Tahun 2019 silam, sekitar 1.500 penari ikut andil di Festival Likurai Timur. Sebab banyaknya jumlah penari itu, Festival Likurai Timor diganjar rekor MURI untuk kategori jumlah penari tradisional terbanyak.

Selain menikmati pertunjukan tari Likurai massal, Belu juga menawarkan destinasi wisata alam yang bisa sekalian dikunjungi, seperti Fatuleu, Pantai Kolbano, Teluk Gurita. Atau kunjungi pula desa-desa adat di Belu seperti Kampung Adat Duarato, Futubesi, dan Nualain,  untuk mengenal lebih jauh budaya Nusa Tenggara Timur. 

Belu berjarak sekitar 7 km dari kota Atambua yang bisa dituju menggunakan penerbangan dari Kupang. Mulai 2017 silam tersedia tiga jadwal penerbangan dari Kupang ke Atambua dari maskapai Wings Air.

 


Disclaimer: Perubahan tanggal, pembatalan acara dapat terjadi dan bukan tanggung jawab dari Spektakel.id

Mari bergabung bersama kami, kirimkan data kegiatan di sekitarmu, berkontribusi memajukan seni budaya Indonesia.

Login / Daftar

Acara terbaru

Lihat semua acara
Festival

Festival Keraton Kesultanan Buton

12/10/2020 | KOTA BAUBAU
Festival

Pesta Film Solo 2020

16/04/2020 | KOTA SURAKARTA
Festival

Polewali Mandar International Folk & Art Festival

01/08/2020 | KABUPATEN POLEWALI MANDAR
Olahraga

Borobudur Marathon

15/11/2020 | KOTA MAGELANG
Festival

Solo Menari 2020

12/04/2020 | KOTA SURAKARTA
Festival

Festival Babukung

11/10/2020 | KABUPATEN LAMANDAU