#Festival

Festival Morotai


© Festival Morotai
04-05 Agustus 2020
09:00 - 17:00
Desa Juanga
Kecamatan Morotai Selatan
Kabupaten Pulau Morotai
Maluku Utara
Lihat Peta
Gratis
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Muluku Utara
disbudpar.malutprov.go.id
0921326277

Pulau Morotai merupakan satu dari 10 destinasi wisata yang diprioritaskan pengembangannya. Sejarah menjadi salah satu daya pikatnya. Di pulau ini Anda bisa menelusuri sepotong jejak Perang Dunia II, tepatnya Pertempuran Morotai antara Jepang dan persekutuan Amerika Serikat pada 15 September 1944-4 Oktober 1944.

Di pulau kecil inilah Jenderal Douglas MacArthur menjalankan strategi kemenangan Sekutu melawan Jepang. Kala itu sang Jenderal hendak mempreteli kekuatan Jepang di sekitar Papua, demi bisa kembali menduduki Filipina. Untuk itu, sebuah pulau dengan dataran luas di[erlukan sebagai batu pijakan. Halmahera dan Morotai menjadi dua pilihan, tetapi data intelijen yang tersedia mengindikasikan garnisum tempur Jepang yang kuat ada di Halmahera.

Maka jadilah Morotai sebagai salah satu basis strategis Sekutu. Pos-pos militer pun dibangun di sekitar wilayah tersebut. Maka tak heran jika Pulau Morotai kental dengan unsur sejarah. Terutama Perang Dunia, hingga berdiri Museum Perang Dunia II.

Namun, tentu bukan cuma itu pesona pulau cantik di Maluku Utara ini. Wisata alam dan kebudayaan maritim di Morotai juga bisa menjadi dua tawaran ketika Anda berpelesir ke pulau kecil ini. Ada pulau-pulau kecil nan sepi di sekitar Morotai yang bisa Anda sambangi seperti Pulau Dodola dan Pulau Sumsum.

Untuk tiba di Morotai, ada beberapa rute yang bisa dipilih. Pertama, dengan menggunakan pesawat Wings Air dari Ternate seharga Rp300.000 atau dengan jalur laut selama sehari semalam. Kedua, menggunakan kapal feri dari Tobelo. Perlu dicatat jadwal perjalaan feri hanya tersedia pada hari Senin, Rabu, dan Sabtu setiap pukul 07.00. Namun, ada pula pilihan speed boat dan kapal kayu yang tersedia setiap hari.
Ketiga, dengan penerbangan pesawat dari Manado. Dari Manado, Anda bisa memilih penerbangan langsung ke Morotai, transit di Ternate, atau transit di Tobelo. Keempat adalah penerbangan langsung dari Bitung. Namun rute penerbangan ini hanya tersedia pada pukul 06.40 dan 11.25 pagi. Terakhir, adalah penerbangan langsung dari Sorong yang juga hanya tersedia di jadwal yang sama.


Disclaimer: Perubahan tanggal, pembatalan acara dapat terjadi dan bukan tanggung jawab dari Spektakel.id

Mari bergabung bersama kami, kirimkan data kegiatan di sekitarmu, berkontribusi memajukan seni budaya Indonesia.

Login / Daftar

Acara terbaru

Lihat semua acara
Fashion

Jember Fashion Carnaval (JFC)

06/08/2020 | KABUPATEN JEMBER
Olahraga

Borobudur Marathon

15/11/2020 | KOTA MAGELANG
Festival

Festival Likurai Timor

01/10/2020 | KABUPATEN BELU
Festival

Festival Teluk Humboldt

05/08/2020 | KOTA JAYAPURA
Festival

Festival Pesona Selat Lembeh

06/10/2020 | KOTA BITUNG
Festival

Festival Morotai

04/08/2020 | KABUPATEN PULAU MOROTAI
Budaya

Festival Taliwang

13/11/2020 | KABUPATEN SUMBAWA BARAT