© Trip Trus
19-21 Maret 2020
14:26 - 14:26
Balairung Balai Adat
Pulau Penyengat
Kota Tanjung Pinang
Kepulauan Riau
Lihat Peta
Gratis
Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kepulauan Riau
628126199048

Riau punya cerita tentang sosok perempuan pemimpin hebat. Engku Puteri Raja Hamidah namanya. Ialah putri bangsawan yang lantas menjadi Permaisuri Kerajaan Riau Lingga. Engku Puteri Raja Hamidah dikenal sebagai perempuan pintar, teguh, bijak, dan berwawasan. Terutama tentang adat dan budaya Melayu-Bugis. sebabnya ia juga dikenal sebagai Pemegang Regalia (tanda kebesaran) Kerajaan Riau Lingga.

 

Sosok Engku Puteri Raja Hamidah pun menjadi inspirasi dari penyelenggaraan Festival Pulau Penyengat 2020. Refleksi akan tokoh Engku Puteri dihadirkan lewat arak-arakan sendratari serta pameran warisan kebesara Engku Puteri Raja Hamidah di Balairung Balai Adat. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat langsung ragam kebudayaan Melayu lewat pembacaan gurindam, napak tilas, pentas seni, dan pameran.  

 

Salah satu kebudayaan Melayu yang bisa Anda bawa pulang dari Kepulauan Riau adalah ragam kain tradisionalnya, antara lain Batik Melayu, Kain Cual, dan Tudung Manto. Selama berplesir di Kepulauan Riau, jangan lewatkan pula kesempatan untuk mencoba ragam kuliner Kepulauan Riau. Salah satunya sop tunjang alias sop berisi tulang sapi.

 

Kepulauan Riau juga dikenal dengan ragam olahan ikan dan hidangan laut. Beberapa yang bisa Anda coba kala mampir di gelaran Festival Pulau Penyengat antara lain asam pedas baung, gulai ikan patin, selais asap, dan gong gong. 

 

Untuk bisa sampai di Pulau Penyengat, Anda mesti terlebih dulu tiba di Tanjung Pinang. Baru kemudian menyebrang menggunakan perahu pompong dari dermaga Tanjung PInang menuju Pulau Penyengat dengan haga tiket Rp7.000/orang sekali jalan. Perahu pompong juga bisa sewa seluruhnya dengan tarif Rp100.000.

 


Disclaimer: Perubahan tanggal, pembatalan acara dapat terjadi dan bukan tanggung jawab dari Spektakel.id

Mari bergabung bersama kami, kirimkan data kegiatan di sekitarmu, berkontribusi memajukan seni budaya Indonesia.

Login / Daftar

Acara terbaru

Lihat semua acara
Festival

Festival Gandrung Sewu

12/10/2020 | KABUPATEN BANYUWANGI
Festival

Festival Budaya Lembah Baliem

06/08/2020 | KABUPATEN JAYAWIJAYA
Olahraga

Borobudur Marathon

15/11/2020 | KOTA MAGELANG
Festival

Dieng Culture Festival

07/08/2020 | KABUPATEN BANJARNEGARA
Festival

Pesta Film Solo 2020

16/04/2020 | KOTA SURAKARTA
Karnaval

Gorontalo Karnaval Karawo

02/10/2020 | KABUPATEN BOALEMO