#Tradisi

Grand Final Karapan Sapi


© pesona.travel.
06 Oktober 2020
Lapangan Kerap R.P Moh Noer SKEP
Bajik, Bancaran
Kabupaten Bangkalan
Jawa Timur
Lihat Peta
Gratis
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur
*
*

Sayyid Achmad Baidawi adalah salah satu tokoh pemuka agama Islam di Madura. Tokoh yang juga dikenal sebagai Pangeran Katandur adalah cucu Sunan Kudus. Masyarakat Madura bukan hanya mengikuti ajaran agama dari Sayyid Achmad, melainkan juga mengikuti tata cara hidupnya. Termasuk cara bercocok tanam menggunakan dua bilah bambu yang ditarik oleh dua ekor sapi. Masyarakat Madura menyebut ini dengan istilah nanggala atau salaga.

Hampir semua petani di Madura saat itu memanfaatkan tenaga sapi untuk membajak sawah. Lambat laun timbul ide untuk beradu cepat membajak sawah atau karapan sapi. Kini tradisi itu menjadi lekat dengan masyarakat Madura hingga berkembang menjadi turnamen khusus yang digelar tiap tahun.

Bagi masyarakat Madura, karapan sapi adalah simbol harkat dan martabat mereka. Sapi-sapi pilihan dilatih rutin agar dapat memenangkan lomba. Para pemilik sapi akan memberikan pijatan khusus. Selain itu 80 butir telur dipersiapkan setiap hari dengan tujuan menjaga stamina para sapi agar selalu prima.

Pada 6 Oktober 2020 mendatang akan digelar Final Gelaran Karapan Sapi Piala Presiden. Babak kualifikasi karapan sapi telah dilangsungkan sebelumnya sejak Agustus. Babak kualifikasi ini diselenggarakan di seluruh Kabupaten Madura, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Bangkalan, dan Kabupaten Sumenep.

Gelaran tahunan karapan sapi selalu ramai pengunjung. Festival dengan hadiah utama mobil ini juga menyedot banyak pelancong dari mancanegara.

Sebelum lomba karapan sapi dimulai, para penonton disuguhi dengan ritual arak-arakan sapi di sekeliling pacuan diiringi alat musik seronen, perpaduan alat musik khas Madura. Tidak hanya itu, masih dalam rangkaian karapan sapi juga diadakan Festival Sapi Sono’. Berbeda dari karapan sapi di mana sapi yang dipertandingkan adalah sapi jantan, pada Festival Sapi Sono sapi betinalah yang dihias dengan mahkota emas atau perak, rompi mewah, serta berbagai ornamen bunga.

 


Disclaimer: Perubahan tanggal, pembatalan acara dapat terjadi dan bukan tanggung jawab dari Spektakel.id

Mari bergabung bersama kami, kirimkan data kegiatan di sekitarmu, berkontribusi memajukan seni budaya Indonesia.

Login / Daftar

Acara terbaru

Lihat semua acara
Festival

Festival Morotai

04/08/2020 | KABUPATEN PULAU MOROTAI
Festival

Pemuteran Bay Festival

03/10/2020 | KABUPATEN BULELENG
Budaya

Asia Africa Festival 2020

18/04/2020 | KOTA BANDUNG
Musik

Samosir Music International 2020

07/08/2020 | KABUPATEN TAPANULI UTARA
Festival

Festival Kerinci

03/10/2020 | KABUPATEN KERINCI
Karnaval

Gorontalo Karnaval Karawo

02/10/2020 | KABUPATEN BOALEMO