L O A D I N G
 
Lumbung Pangan
Anda punya segenggam cabai? Atau seraup bawang? Ada buah mangga sebiji nangkring di kulkas? Garam setengah kemasan? Sayuran yang niatnya dimasak tapi nggak kesampaian? Jangan dibuang. Berikan ke kami untuk didistribusikan ke orang-orang yang membutuhkan.

Lumbung Pangan adalah program non-profit yang mengumpulkan bahan makanan kemasan dan non-kemasan sisa namun masih layak konsumsi, untuk diberikan ke orang-orang yang membutuhkan.

Makanan serta minuman kemasan sebenarnya masih aman untuk dikonsumsi 2-3 hari setelah tanggal kedaluwarsa yang tertera, walau tidak otomatis berlaku untuk semua jenis. Kami akan memastikan kelayakan sebelum didistribusikan.

Anda punya segenggam cabai? Atau seraup bawang? Ada buah mangga sebiji nangkring di kulkas? Garam setengah kemasan? Sayuran yang niatnya dimasak tapi nggak kesampaian? Lumbung Pangan menerima itu semua. Percayalah, banyak sekali yang membutuhkannya. Jangan sekalipun merasa tidak sopan memberikan bahan makanan bekas/sisa Anda.

Distribusi

Bahan makanan yang terkumpul didistribusikan secara harian. Orang yang membutuhkan bisa mengambil langsung ke tangsi Lumbung Pangan atau mengajukan permintaan untuk dikirimkan.  Anda dapat menghubungi kami untuk informasi ketersediaan bahan pangan di tangsi.

Kami menyesuaikan kebutuhan bahan pangan penerima dengan stok ketersediaan bahan pangan. Seluruh bahan pangan merupakan hasil donasi.

Wilayah & Waktu Operasional

Untuk saat ini, Lumbung Pangan hanya mencakup wilayah DKI Jakarta. Waktu operasional kami melayani pengiriman/pengambilan stok bahan pangan adalah Senin, Rabu, Jumat pukul 10.00 hingga 14.00.

Untuk info ketersediaan stok pangan serta informasi donasi, Anda bisa menghubungi kami setiap hari, mulai pukul 10.00 hingga 17.00.

Distribusi bahan pangan hingga 4 Mei 2020.

 

Alamat tangsi Lumbung Pangan
Spektakel - Jl. Teuku Cik Ditiro II No. 3, Gondangdia, Jakarta 10350 (belakang restoran Heritage).
Narahubung:
Fuddoh Ismail - 021 3919646 (10.00 - 17.00)
Spektakel - 0858-8761-2985 (WA/SMS)

Bila Anda mengirimkan donasi bahan pangan, mohon pastikan dikemas dengan baik untuk mengurangi resiko kerusakan. Silahkan berkoordinasi via Whatsapp/SMS/Telepon yang tertera di atas.

 

Dapur Bersama

Lumbung Pangan kini menyediakan Dapur Bersama, fasilitas memasak bagi yang membutuhkan. Siapa pun bisa memanfaatkan fasilitas ini secara gratis. Kami menyediakan peralatan memasak yang mumpuni untuk digunakan bersama dan terjadwal - untuk menghindari kerumunan.

Jadwal operasional Dapur Bersama adalah Selasa, Kamis, Sabtu mulai pukul 10.00 hingga 16.00.

 

Keterlibatan

Selain sebagai donatur bahan pangan, Anda bisa berperan sebagai donatur distribusi. Misal, membayarkan ongkos pengiriman. Anda juga bisa menjadi informan/mediator antara Lumbung Pangan dengan orang yang membutuhkan.

Kalau punya waktu luang, Anda bisa bantu menjadi operator kerja Lumbung Pangan. Bila Anda punya pengetahuan tentang bahan makanan yang sehat dan aman konsumsi, kami membutuhkan jasa Anda.

Lumbung Pangan bukan yang pertama dan satu-satunya. Di Indonesia, setidaknya ada 3 organisasi food bank; Food Bank of Indonesia, Garda Pangan, dan Foodcycle Indonesia. Anda juga bisa bergabung dengan mereka.


Laman terkait:
Kebijakan Privasi Menulis untuk Kami Kontributor Bekerja sama dengan Kami