L O A D I N G
Video

Perayaan Cap Go Meh

04/05/20

Cap Go Meh adalah hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek. Dirayakan pada hari ke-15 dan masa akhir perayaan Tahun Baru Imlek. Saat Cap Go Meh, orang-orang membawa persembahan berupa kue keranjang dan melakukan sembahyang untuk mengucap syukur dan memohon keselamatan.

Festival Cap Go Meh dilakukan pada malam hari dengan menyediakan banyak lampion dan aneka lampu warna-warni sebagai pertanda kesejahteraan hidup bagi seluruh anggota keluarga.

Barongsai adalah simbol kebahagiaan, kegembiraan, dan kesejahteraan, sedangkan Liong dianggap sebagai simbol kekuasaan atau kekuatan. Sementara petasan dipercaya dapat mengusir energi negatif dan membersihkan seluruh lokasi yang dilalui Barongsai.

Pada perayaan Cap Go Meh, ada ‘Lokthung‘ atau ‘thangsin‘ - seseorang yang menjadi medium perantara yang setelah dibacakan mantra tertentu dipercaya dirasuki roh Dewa untuk memberikan berkat bagi umat-Nya.




Lihat juga:
Jelajah Pasar Minggu Behind The Scene - Jazz Calung Ozma feat Kencana Laras Konser kolaborasi Jazz Prancis & Calung Banyumasan Cethik Geni: Perayaan Warisan Kuliner Lumpia Dhuleg